Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diego Michiels Ajukan Penangguhan Penahanan

Kompas.com - 29/01/2013, 17:36 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuasa hukum Diego Michiels, Elza Syarief, meminta majelis hakim untuk menangguhkan penahanan pemain sepakbola tersebut. Menurutnya, timnas sepakbola sangat memerlukan potensi besar yang terdapat dalam diri Diego Michiels untuk membantu timnas berjaya di level Internasional.

"Sebagai warga negara, kita tentu mempunyai sifat nasionalisme yang tinggi. Diego merupakan pemain inti Timnas, penting sekali untuk dia bermain di timnas," kata Elza Syarief, ketika ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (28/1/2013).

Elza mengatakan, tim kuasa hukum beserta PSSI akan menjamin penangguhan penahanan itu. "Saya mengharapkan segera dikabulkan. Kami menjamin Diego akan bermain bola saja," ujarnya.

Sementara itu, Rudolf Yesayas, Deputi Luar Negeri PSSI yang juga hadir dalam persidangan itu mengatakan, gol yang terjadi ketika timnas menderita kekalahan dari Malaysia pada piala AFF lalu, itu berasal dari pos yang ditinggalkan oleh Diego Michiels. Oleh sebab itu PSSI sangat mengharapkan majelis hakim dapat mengabulkan permohonan penangguhan penahanan atas terdakwa Diego Michiels.

"Gol yang tercipta ketika melawan Malaysia pada piala AFF lalu semuanya berasal dari sektor kiri. Itu adalah posisi di mana seharusnya Diego bermain. Sangat penting sekali kehadiran Diego di tubuh timnas mengingat sebentar lagi ada kualifikasi Piala Asia," tuturnya.

Rudolf mengatakan, pihaknya akan kooperatif jika Diego harus menghadiri sidang. "Jika ada jadwal persidangan, pasti Diego akan datang. Pelatih bisa men-schedule waktu Diego," ucapnya.

Menanggapi permohonan itu, Majelis hakim Nawawi mengatakan akan mempertimbangkan hal itu. Sidang lanjutan kasus pengeroyokan dengan terdakwa Diego Michiels yang seharusnya dilangsungkan pada hari ini, Senin (28/1/2013) dengan agenda pembacaan keterangan saksi ditunda hingga Rabu (30/1/2013) karena para saksi yang dihadirkan oleh JPU berhalangan hadir ke persidangan.

Kasus pemukulan yang dilakukan Diego Michiels dapat diikuti di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com