Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Siapkan Kapal untuk Akses ke Marunda

Kompas.com - 31/01/2013, 14:18 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyiapkan transportasi laut untuk digunakan warga dan mempermudah akses menuju Marunda. Menurut pria yang akrab disapa Jokowi ini, rencananya dua minggu lagi transportasi laut itu sudah dapat dinikmati warga.

"Ya, ini kita siapkan ada dua. Sementara ini ada baru ada dua, nanti yang untuk dari Marunda ke Muara Baru," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Kamis (31/1/2013).

Tahun ini, Pemprov DKI telah menyiapkan sebanyak empat transportasi laut yang akan dioperasionalkan. Untuk sementara, transportasi laut tersebut tidak dikenakan biaya.

"Ini sementara belum karena ini perintisan. Gratis dulu, nanti kalau sudah jadi bisnis, jalan. Mungkin nanti perjalanannya dari Duren Sawit, Marunda, Ancol-Muara Baru, Muara Baru-Angke, agar beban di jalan juga lebih berkuranglah," kata Jokowi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono mengatakan, Pemprov DKI memperkuat alternatif transportasi laut tahun ini. Transportasi laut itu juga mendukung peningkatan transportasi warga Muara Baru untuk menuju Marunda.

"Dari pinggiran pantai yang di Jakarta dari Marunda ke Muara Baru. Nanti ada alternatif mereka akan bertransportasi sampai ke Muara Angke. Nanti pas di Marunda belok sampai Ancol juga. Lautnya juga sudah bersih," kata Pristono.

Saat ini, kata dia, sudah ada dua kapal transportasi laut. Kapal itu sejenis kerapu dengan kapasitas 30 orang. Joko Widodo bersama Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama meminta Dinas Perhubungan DKI untuk lebih mendalami transportasi laut tersebut.

"Oleh sebab itu, kami sesuai dengan arahan Gubernur dan Pak Wakil Gubernur ada potensi. Saya mau uji coba transportasi itu dua minggu lagi. Nanti juga akan dibuatkan dermaga, kalau sudah bagus kita buat shelter lagi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com