Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 Satpol PP Halau PKL di Kanal Timur

Kompas.com - 01/02/2013, 17:11 WIB
Firly Anugrah Putri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 100 petugas Satpol PP dari seluruh kelurahan dan kecamatan di Jatinegara diturunkan guna menghalau pedagang yang berjualan di sepanjang jalur Kanal Banjir Timur (KBT) mengarah ke selatan yang masuk ke dalam Kecamatan Jatinegara. Menurut Camat Jatinegara Sofyan, hal itu dilakukan untuk menciptakan perubahan wajah kota Jakarta Timur.

Sofyan mengatakan, sebanyak 100 personel Satpol PP dari seluruh kelurahan dan kecamatan Jatinegara diturunkan untuk mengawal proses penghalauan dan imbauan pada para pedagang yang ada.

"Jadi kami bukan melakukan penertiban pedagang, tapi menghalau pedagang sepanjang KBT yang masuk Kecamatan Jatinegara agar tidak lagi berjualan di lokasi, sebab umumnya pedagang tersebut bukan berasal dari warga lokal melainkan pendatang. Dan penghalauan juga dilakukan untuk menciptakan Jakarta Timur yang lebih tertata," ujar Sofyan kepada Kompas.com, Jumat (1/2/2013).

Sofyan mengatakan, kegiatan tersebut akan dilakukan rutin dua kali dalam satu minggu. Pihaknya akan melakukan penjagaan selama tiga jam dari pukul 15.00 sampai 18.00 di sekitar wilayah KBT. "Kegiatan ini akan kami lakukan rutin dua kali dalam satu minggu. Selain itu, kami juga mengimbau kepada warga sekitar jika ingin berjualan jangan menggunakan bahu jalan, karena itu akan mengganggu ketertiban dan wajah kota Jakarta Timur jika banyak dipenuhi pedagang kaki lima di sisi jalan, khususnya di KBT," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com