Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Camat Jalankan Perintah Jokowi Larang PKL di Kanal Timur

Kompas.com - 01/02/2013, 19:04 WIB
Firly Anugrah Putri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Suasana sunyi dan lengang terlihat di sepanjang Jalan Kanal Banjir Timur (KBT) mengarah ke selatan yang masuk ke dalam Kecamatan Jatinegara. Hal tersebut terjadi karena penghalauan sebanyak 150 pedagang yang dilakukan oleh Kecamatan Jatinegara.

Suasana sunyi itu kontras dengan jalur KBT mengarah ke timur yang masuk dalam Kecamatan Duren Sawit. Di sana masih terlihat aktivitas para pedagang.

Camat Jatinegara Sofyan mengatakan, pedagang dihalau masuk ke KBT untuk menciptakan Jakarta Timur yang lebih tertib. Hal tersebut juga merupakan instruksi Gubernur DKI Joko Widodo yang disampaikan kepada seluruh camat dan lurah pada Rabu lalu.

"Penghalauan ini dilakukan selain untuk menciptakan Jakarta Timur yang lebih tertib, khususnya di wilayah KBT, hal ini juga merupakan instruksi langsung Pak Jokowi yang Rabu lalu sudah menyampaikan ke seluruh camat dan lurah di Jakarta untuk membenahi pedagang kaki lima yang ada," ujar Sofyan, Jumat (1/2/2013).

Menurutnya, sebanyak 150 pedagang kaki lima yang berjualan setiap harinya di sisi jalan KBT itu merupakan pedagang pendatang yang bukan asli warga sekitar. Kegiatan tersebut juga dianggap mengganggu kelancaran dan ketertiban jalan yang banyak dilalui masyarakat setiap sore harinya. Oleh karena itu, penghalauan itu akan rutin dilakukan dua kali dalam satu minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com