Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Kampanyekan Kerja Bakti Warga Setiap Minggu

Kompas.com - 03/02/2013, 12:23 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan mulai menggerakkan kerja bakti kepada warga setiap hari Minggu. Hal ini dilakukannya agar lingkungan Ibu Kota semakin bersih dan terbebas dari banjir.

"Kita ingin memulai sebuah gerakan bersih, gerakan sosial masyarakat, yang kita mulai Minggu ini," kata pria yang akrab disapa Jokowi tersebut saat memantau kerja bakti warga di Lagoa, Jakarta Utara, Minggu (3/2/2013).

Kegiatan kerja bakti warga ini mulai ia berdayakan pekan ini di dua tempat, yaitu Lagoa dan Penjaringan di Jakarta Utara. Jokowi pun menargetkan, kegiatan kerja bakti setiap pekan itu semakin meluas ke wilayah lain. "Minggu ini baru dua tempat, tapi minggu depan, bulan depan, mungkin bisa ratusan tempat dan ribuan tempat," ujarnya.

Adapun penggagas kerja bakti ini adalah relawan Jakarta Bersih: Aksi Cepat dan Tanggap yang bekerja sama dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemprov DKI. Jokowi mengatakan, Pemprov DKI juga akan selalu membantu dan memberikan fasilitas yang dibutuhkan saat kerja bakti.

"Misalnya saja karbol dan alat penyedot selokan dan genangan air dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI, obat-obatan dari Dinas Kesehatan DKI, personel satpol PP yang juga ikut menggerakkan kerja bakti," kata Jokowi.

Selain meninjau warga, relawan, dan personel Pemprov DKI yang melakukan kerja bakti di Lagoa, Jokowi juga membagikan sejumlah bantuan kepada warga, antara lain 1.000 setel seragam sekolah, 5 ton beras, dan buku tulis untuk anak-anak warga Lagoa. Kerja bakti di Lagoa tersebut dilaksanakan di RW 1, RW 2, RW 3, dan RW4.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com