Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Ajak Warga Bekerja Bakti Setiap Hari Minggu

Kompas.com - 04/02/2013, 02:43 WIB

Jakarta, Kompas - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengajak segenap warga Jakarta untuk bekerja bakti di lingkungannya setiap hari Minggu. Apalagi, kondisi sejumlah sungai di Jakarta belum bebas sampah sepenuhnya. Meskipun sudah mulai ada usaha pembersihan sampah secara manual, belum ada sistem yang bisa mencegah pembuangan sampah ke sungai.

Dengan kerja bakti rutin, Gubernur yakin kebersihan lingkungan akan terjaga dan risiko banjir bisa dikurangi.

”Pemprov DKI Jakarta, apalagi gubernurnya, tidak akan bisa membersihkan Jakarta tanpa gerakan sosial dari masyarakat,” kata Jokowi, Minggu (3/2), saat meninjau kerja bakti di Lagoa, Jakarta Utara.

Warga di berbagai tempat, terutama di lokasi yang sebelumnya diterjang banjir, juga banyak yang telah membersihkan rumah dan lingkungannya. Kendati demikian, sampah masih banyak ditemukan di tepi jalan, saluran air, dan sungai.

Sarana-prasarana dibantu

Jokowi mengatakan, kerja bakti masyarakat yang dimulai pekan ini dilaksanakan di dua tempat, yaitu Lagoa dan Penjaringan. Dia yakin, seiring berjalannya waktu, akan semakin banyak lagi warga yang melakukan kerja bakti.

”Nanti akan banyak muncul titik kerja bakti lainnya. Pekan ini dua tempat, pekan depan bisa lebih banyak, bulan depan bisa muncul ratusan atau ribuan tempat,” ujarnya.

Jokowi juga mengapresiasi kerja para sukarelawan yang turut membantu warga membersihkan lingkungan. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, lanjut Jokowi, akan membantu kebutuhan warga saat kerja bakti, seperti karbol, alat penyedot selokan, obat-obatan, dan personel satuan polisi pamong praja untuk membantu warga.

Dinas kebersihan dan suku dinas kebersihan juga bisa membantu penyediaan sarana dan prasarana pendukung kerja bakti, seperti truk sampah, gerobak motor, sapu lidi, ember, karung plastik, penggaruk sampah, dan kerukan sampah.

Terkait penanganan sampah, sebelumnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga mendesak Badan Legislasi Daerah DPRD DKI untuk segera membahas Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Sampah. Naskah rancangan perda telah diserahkan kepada Badan Legislasi Daerah tahun 2012.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com