Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Putuskan MRT dan Monorel Bulan Ini

Kompas.com - 05/02/2013, 15:53 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan memutuskan nasib pembangunan monorel dan mass rapid transit (MRT) pada bulan ini. Ia juga menyampaikan, bukan tidak mungkin realisasi pembangunannya akan segera terealisasi berdekatan dengan waktu untuk memutuskannya.

"Diputuskan bulan ini. Ya, bisa saja nanti setelah diputuskan langsung ngecor kan bisa saja. Kalau secara legal sudah ada dan payung hukumnya ada, ayo besok langsung ngecor, kebut langsung rampung, gitu saja," kata Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (5/2/2013).

Terakhir, kata Jokowi, dia akan menggelar tiga public hearing sebelum memutuskan pembangunan monorel dan MRT. Satu kali diskusi mengenai MRT, dan sisanya akan digelar untuk mendiskusikan monorel mengenai rute, tarif, dan nilai investasi. Mantan Wali Kota Surakarta ini mengungkapkan, dia telah sejak lama ingin mengambil keputusan terkait MRT dan monorel. Namun, Jokowi mengaku enggan gegabah, dan lebih memperhitungkan semuanya secara detail sebelum benar-benar memutuskannya.

"Kalau masyarakat sudah tidak ada pertanyaan yang mengganjal ya sudah, cor, jalankan," ujarnya.

Sejatinya, monorel akan memiliki tiga jalur. Jalur pertama yang melintas dari Cawang, Semanggi, Grogol, Harmoni, Monas, dan Senen. Jalur kedua melintasi Tanah Abang, Bundaran Hotel Indonesia, Dukuh Atas, Kuningan, Semanggi, SCBD, Senayan, dan Stasiun Palmerah. Jalur ketiga adalah Cawang, Jalan Oto Iskandar Dinata (Otista), Senen, Mangga Dua, dan Ancol.

Untuk MRT, terdiri dari enam paket, yakni tiga paket layang atau elevated dan tiga paket underground. Dari keenam paket tersebut, yang sudah matang dan siap ke proses selanjutnya adalah paket underground.

Berita terkait, baca:

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com