Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Elektronik Hanya Berlaku untuk Commuter

Kompas.com - 13/02/2013, 16:41 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Commuter Jabodetabek akan menerapkan tiket elektronik pada 24 stasiun lintas Bogor-Jakarta. Tiket elektronik tersebut akan diberlakukan mulai Maret 2013 dan hanya berlaku pada perjalanan KRL commuterline.

Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek Tri Handoyo menjelaskan, hal tersebut dilakukan untuk peningkatan infrastruktur dan sistem otomatisasi kontrol penumpang. "Namun untuk sementara waktu, program tersebut hanya berlaku pada perjalanan KRL commuterline. Sementara, untuk perjalanan KRL ekonomi masih menggunakan tiket kertas atau konvensional," kata Tri dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (13/2/2013).

Pada tahap pertama, penerapan e-ticketing hanya berlaku untuk jenis tiket single trip atau tiket satu kali perjalanan. Penerapan e-ticketing secara menyeluruh di lintas Jabodetabek akan dilakukan pada Mei 2013 yang diikuti dengan pemberlakuan jenis tiket multitrip atau tiket isi ulang dengan menggunakan sistem potong saldo untuk setiap perjalanan yang dilakukan.

Untuk menerapkan tiket elektronik tersebut, KAI dan KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) melakukan pemasangan 307 perangkat gate elektronik untuk pintu masuk dan keluar serta pemasangan 270 perangkat otomatisasi sistem pada loket yang terdapat di 60 stasiun Jabodetabek. Jumlah tersebut akan terus bertambah sesuai dengan kebutuhan.

"Kami mendukung rencana pemerintah untuk mewujudkan program integrasi antar moda dan sistem pembayaran elektronik (e-money)," ujarnya.

Program tiket elektronik dijalankan melalui kerja sama dengan PT Telkom, khususnya dalam pengelolaan sistem tiket elektronik. Sebagai mitra, PT Telkom akan melakukan pemeliharaan dan pengoperasian sistem tiket elektronik meliputi hardware, software, infrastruktur, serta melakukan pemeliharaan perangkat tiket elektronik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com