Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Cuaca Jakarta, Penaburan Garam Terus Dilakukan

Kompas.com - 17/02/2013, 14:39 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penarapan teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk mengurangi dampak buruk pembentukan awan tebal ke Jakarta dengan cara menaburkan garam dapur atau natrium klorida (NaCl) terus dilakukan. Penaburan dilakukan sesuai dengan keberadaan pergerakan awan tebal.

Sampai siang ini tim TMC sudah sudah melakukan 55 kali penerbangan dengan menaburkan 154,3 ton garam dapur. "Sabtu dan hari ini kami tetap terbang menggunakan pesawat hercules dan casa," Kepala UPT Hujan Buatan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) F Heru Widodo, Minggu (17/2/2013) kepada Kompas.

Jumat pekan lalu tim bergerak ke pantai utara Lampung, Serang dan tenggara Serang menyemai 6 ton garam. Sedangkan hari Sabtu dan hari Minggu ini tim menyemai garam di wilayah Malimping selatan Pandeglang dan selatan Gunung Salak. Modifikasi cuaca ini mulai dilakukan 26 Januari lalu atas permintaan Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan BPPT. Kegiatan akan berlangsung sampai Maret mendatang seiring dengan perkiraan cuaca buruk di sekitar Jakarta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com