Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Yang Penting Gubernur Sudah Kampanye!

Kompas.com - 18/02/2013, 19:52 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanggapi polemik terkait izin cuti Joko Widodo dari jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama enggan memperpanjang polemik. Baginya, yang terpenting Jokowi telah menjalankan amanat dan tugasnya sebagai juru kampanye Rieke-Teten dengan baik.

"Yang penting Pak Gubernur sudah berkampanye," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Senin (18/2/2013).

Menurut pihak Kemendagri, Jokowi telat memberikan surat cuti kampanye tersebut. Sebab Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2011 menyebutkan, izin cuti melaksanakan kampanye bagi pejabat negara atau daerah, seperti gubernur, bupati, dan Wali Kota, harus diajukan 12 hari sebelumnya.

"Ya, enggak apa-apa, yang penting kan sudah diajukan," kata Basuki.

Sebelumnya, Mendagri Gamawan Fauzi menegaskan, pihaknya tidak pernah menerbitkan izin cuti untuk Jokowi yang melakukan kampanye bagi Rieke-Teten.

"Surat izin cuti beliau itu masuk hari Jumat (15/2/2013) sekitar pukul 14.00 WIB, sementara acara kampanyenya dilaksanakan pada Sabtu (16/2/2013). Aturannya itu ketika Gubernur ingin melakukan kampanye maka izinnya harus masuk 12 hari sebelumnya karena akan diproses," kata Gamawan saat berkunjung di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu (17/2/2013) lalu.

Ia pun menyerahkan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk memberikan sanksi kepada Jokowi. Meskipun Jokowi melakukan kampanye di hari Sabtu dan Minggu, ia harus tetap melepaskan statusnya sebagai seorang Gubernur DKI.

Sementara dikonfirmasi kepada Jokowi, ia mengaku telah menandatangani surat cuti untuk dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri. Surat tersebut digunakan Jokowi agar bisa menjadi juru kampanye Rieke-Teten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com