Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasilitas Belum Siap, Warga Tetap Diminta Menempati

Kompas.com - 20/02/2013, 03:40 WIB

Jakarta, Kompas - Tiga unit bangunan Rumah Susun Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, yaitu Cluster B Blok 9, 10, dan 11 yang dipersiapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk warga relokasi Waduk Pluit, ternyata belum siap huni.

Fasilitas seperti listrik dan air hingga Selasa (19/2) belum bisa diakses. Namun, warga yang sudah mendapat kupon atas hunian tersebut sudah diminta untuk segera menempati kamar masing- masing agar tidak dianggap mengundurkan diri.

Dari pantauan Kompas, ketiga blok tersebut memang dalam tahap pengerjaan fasilitas. Dibandingkan dengan blok 9, proses pengerjaan fasilitas di blok 10 dan 11 sudah hampir selesai.

”Proses pengerjaannya sudah sekitar 80 persen. Instalasi listrik sudah tidak ada masalah dan tinggal dihubungkan ke panel dan meteran. Kalau untuk air tinggal pemasangan selang ke pompa. Harapannya, semoga satu minggu ke depan bisa diselesaikan,” kata Tukiyanto, pelaksana proyek blok 10 dan 11.

Sementara itu, blok 9 mulai dikerjakan hari ini. Itu pun hanya sebatas membersihkan kotoran yang ada di dinding lorong di tiap lantai serta pemeriksaan selang.

”Kalau untuk blok 9 paling lama satu bulan, karena masih banyak selang yang belum disambungkan,” kata Wito, petugas bagian sprinkle air bersih.

Selain belum selesainya pengerjaan fasilitas, kondisi tiga blok tersebut sangat memprihatinkan. Satu unit kamar yang terdiri dari ruang besar dengan dua tempat tidur, dapur, dan kamar mandi tersebut sangat kotor. Di beberapa ruangan juga terlihat lantainya becek karena ada genangan air yang masuk. Tidak sedikit juga jendela kamar yang terlepas karena engselnya rusak serta kunci kamar yang sudah berkarat.

Khawatir

Namun, beberapa warga harus menempati kamar itu meski tanpa adanya fasilitas seperti listrik dan air. Mereka sementara harus bergelap-gelapan serta mengambil air ke sumur yang terletak cukup jauh dari blok mereka.

”Sudah di sini sejak hari Minggu kemarin, tetapi masih gelap- gelapan. Listrik ada, tetapi itu masih dibantu tukang dengan mengalirkannya dari bawah. Air mesti ngangkut dari sumur,” kata Ririn (25), salah satu penghuni kamar lantai 2 di blok 10.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com