Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi "Blusukan" Lagi Tinjau Sungai Krukut

Kompas.com - 21/02/2013, 12:35 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kembali melakukan aktivitasnya yang populer dengan istilah blusukan. Hari ini dia meninjau Sungai Krukut yang melintas di Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (21/2/2013). Didampingi Kepala Camat Cilandak Said Ali, Jokowi menilik luas kali yang menyempit akibat sebagian lahannya digunakan untuk kawasan latihan Marinir.

Dengan mengenakan pakaian putih-hitam, Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 11.30. Dia langsung menuju rumah pompa yang berada di pinggir kali. Dari situ, mantan ia bergeser melihat permukaan sungai dari sudut lain dan menyempatkan diri melihat waduk buatan yang lokasinya tak berjauhan.

Sungai Krukut di sini awalnya memiliki lebar sekitar 8 meter dengan kedalaman mencapai 10 meter. Namun, di awal 2011 alat-alat berat milik TNI mulai melakukan pengurukan sehingga membuat lebar sungai menyempit dan tersisa sekitar 3 meter. Sebuah jembatan yang dulu biasa digunakan warga untuk menyeberang juga dihilangkan.

Akibat dari penyempitan itu, warga di sekitar sungai sering mengalami banjir. Lokasi yang dulunya cukup terbebas dari banjir, saat ini, kerap tergenang meski hujan tak turun dengan deras. Sebuah lapangan sepak bola akhirnya diubah menjadi sebuah waduk oleh Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta. Namun, proyek pengerjaannya masih belum selesai dan terbengkalai sejak setahun terakhir.

Sampai berita ini ditayangkan, Jokowi masih berada di lokasi dan sibuk mengamati sungai.

Berita terkait, baca:

GEBRAKAN JOKOWI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com