Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Rumah Sakit Masak Urusan Untung Rugi...

Kompas.com - 21/02/2013, 13:14 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meminta rumah sakit untuk mengedepankan alasan kemanusiaan ketimbang sebatas mencari keuntungan. Permintaan itu ia tujukan khususnya untuk rumah sakit pemerintah yang menerima subsidi secara rutin.

"Rumah sakit itu tidak ada urusan untung dan rugi. Yang penting pelayanan karena kan kita subsidi, masa urusan untung dan rugi," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Kamis (21/2/2013).

Pernyataan yang dilontarkan mantan Wali Kota Surakarta itu terkait dengan rencana mengubah 75 persen ruang kelas II menjadi kelas III di seluruh rumah sakit yang kewenangannya ada di bawah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Jokowi menegaskan, pihaknya tak akan mengedepankan upaya mencari keuntungan, karena bobot pelayanan akan diberikan pada masyarakat atas dasar kemanusiaan.

Diubahnya kelas II menjadi kelas III pertama kali diterapkan di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat. Dalam dua hari ini, lebih dari 50 ruang kelas II akan diubah menjadi kelas III.

Saat ditanya mengenai aturan main serupa untuk rumah sakit swasta, Jokowi mengaku saat ini belum menemukan formulasi untuk pengaturannya, karena rumah sakit swasta kewenangannya lebih besar di bawah kendali Kementerian Kesehatan.

"Belum, kita belum ada pikiran (swasta) mau diapain. Tapi kalau punya jurus, saya kasih tahu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com