Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Bayi Gizi Buruk Dirawat RSUD Cengkareng

Kompas.com - 21/02/2013, 18:49 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Empat orang bayi di bawah tiga tahun penyandang gizi buruk mendapatkan perawatan di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat. Mereka dirawat karena berat badannya di bawah ukuran normal bayi.

"Kalau sekarang sudah ditangani oleh dokter spesialis dan ahli gizi. Mereka mengalami kekurangan gizi, di antaranya karena kelainan, seperti radang paru-paru dan gangguan pencernaan," kata Kepala Pelayanan RSUD Cengkareng Budiman, Kamis (21/2/2013).

Budiman menyatakan, bayi penyandang gizi buruk biasanya hanya ditangani oleh puskesmas ataupun posyandu setempat. Namun, jika bobot tubuhnya turun dan mengalami komplikasi penyakit lain, bayi tersebut harus mendapatkan penanganan khusus dari RSUD.

Keempat bayi penyandang gizi buruk itu bernama Fathur Rahman (1 tahun), Alysha Noer Shafa (4 bulan), Dony Priyanto (8 bulan), dan Yoga Saputra (7 bulan). Saat ini mereka dirawat di ruang Sirsak lantai 5 RSUD Cengkareng.

Siti Komariyah (28), orangtua dari Fathur Rahman, mengatakan, anak keduanya tersebut memiliki flek di dalam paru-parunya. Bobot tubuh Fathur hanya 8 kg dan tidak bisa dianggap normal di usia 1 tahun. "Waktu lahir enggak kurus banget seperti ini, tapi enggak ditimbang soalnya kan melahirkannya di dukun dan enggak ada timbangan," kata Komariyah.

Komariyah mengatakan, putranya sudah sering bolak-balik ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Saat usianya menginjak 5 bulan, Fathur pernah dirawat di ruangan ICU RSUD Cengkareng karena kondisinya yang lemah.

Komariyah mengatakan, pada umumnya bayi usia 1 tahun sudah bisa berjalan, tetapi Fathur hanya bisa tengkurap. Itu pun tidak bisa lama karena dia langsung menangis karena merasakan sakit pada tubuhnya. Setelah mendapatkan rujukan dari Puskesmas Cikoang, Kalideres, Fathur segera mendapatkan perawatan di RSUD Cengkareng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com