Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/02/2013, 20:08 WIB
Stefanus Osa Triyatna

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com — Turap sepanjang kira-kira 10 meter sebagai penahan aliran air anak Sungai Angke di Ciater Raya, Sarua, Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat (22/2/2013) petang, ambruk.

Turap tersebut merupakan penahan air yang dibangun Pemerintah Kota Tangsel, Provinsi Banten, agar air tidak masuk ke Perumahan Grand Serpong.

 

Erny (32), warga Grand Serpong yang juga pemilik Aqua Hom Service (AHS) Pondok Cell, mengaku kaget. "Tiba-tiba suara brukk...keras sekali. Saya kira pohon tumbang  karena hujan belakangan ini mengguyur daerah ini. Ternyata, turap yang jebol," ujar Erny, ketika sedang berada di pelataran depan rumahnya.

Begitu kejadian, seorang karyawannya langsung mencari asal-muasal suara tersebut. Ternyata, turap yang dibangun sejak 2006 itu jebol. Kondisi itu sudah diprediksi sejumlah warga mengingat banyak warga membuang puing bangunan ke sisi turap tersebut. Akibatnya, kondisi turap semakin miring.

Diduga, turap jebol akibat abrasi aliran sungai. Namun, jebolnya turap tidak menyebabkan banjir karena ada gundukan tanah sebagai penahan yang selama ini ditata oleh pihak pengembang.

 

Warga berharap, Dinas Pekerjaan Umum Pemkot Tangerang Selatan bisa segera meninjau lokasi jebolnya turap. Hal ini perlu dilakukan agar perumahan ini tidak menjadi korban banjir.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com