Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran Pendidikan Terbesar

Kompas.com - 26/02/2013, 11:22 WIB
Fransisca Romana Ninik

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengalokasikan porsi terbesar  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013 untuk bidang pendidikan. Besarannya mencapai sekitar 29 persen dari keseluruhan anggaran.

Wakil Ketua Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta Triwisaksana, Selasa (26/2/2013), mengatakan, keseluruhan anggaran mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. "Tentu anggaran meningkat karena jumlah anggarannya juga meningkat. Yang terbesar untuk pendidikan," katanya.

Selain pendidikan, lima besar anggaran terbanyak dialokasikan untuk pemerintahan umum (23 persen), pekerjaan umum (18 persen), kesehatan (9 persen), dan perhubungan (5 persen). Jumlah total APBD DKI Jakarta tahun 2013 mencapai Rp 49,9 triliun. Koreksi anggaran telah diterima dari Kementerian Dalam Negeri dan telah selesai dibahas dengan DPRD DKI Jakarta.

Hari ini dokumen pelaksanaan anggaran akan diserahkan kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Koreksi dari Kemendagri, kata Triwisaksana, terkait soal kode rekening.

"Soal kampung deret, pemberian dana kepada warga dialihkan menjadi bantuan sosial karena tidak menambah aset pemerintah. Soal pengadaan bus sedang, penyerahan kepada BUMD tidak masuk belanja modal, tetapi belanja hibah. Soal Kartu Jakarta Pintar juga tidak masuk belanja dinas pendidikan, tetapi bantuan sosial," ujar Triwisaksana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com