Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

96 Keluarga Penghuni Bantaran Kali Pakin Pindah ke Rusun

Kompas.com - 27/02/2013, 19:37 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 96 keluarga dengan sekitar 200 jiwa yang menghuni bantaran Kali Pakin di Jalan Bhakti, Penjaringan, Jakarta Utara, dipindah ke Rumah Susun Buddha Tzu Chi, Rabu (27/2/2013) malam.

Pemindahan ini untuk memudahkan normalisasi sungai dan Waduk Pluit pascabanjir Januari 2013.

Awalnya, pemindahan akan dilakukan bertahap, yakni 15 keluarga, sesuai kesiapan rumah. Namun, aparat kemudian meminta seluruh penghuni mengosongkan bantaran kali. Mereka diberi dua pilihan, yakni uang kerohiman Rp 1 juta per keluarga atau pindah ke rumah susun.

Heriyanto, koordinator penanganan pascabanjir dan normalisasi Waduk Pluit, mengatakan, warga diminta segera pindah ke Rumah Susun Buddha Tzu Chi. Sejumlah sarana yang kurang di sebagian unit rumah susun akan diupayakan setelah warga pindah. Dengan demikian, bantaran kali bisa segera kosong.

Sebelumnya, sekitar 600 meter tepian Kali Pakin yang mengalir ke Waduk Pluit di sekitar Jalan Bhakti dan Jalan Pakin telah dikosongkan. Pekerja merobohkan warung, bengkel, tempat ibadah, dan hunian yang berdiri di bantaran kali. Sebagian bantaran telah dibangun menjadi jalan inspeksi.

Pekerja juga mengeruk endapan kali dan waduk. Menurut Heriyanto, sekitar 50 persen dari 60 hektar area genangan Waduk Pluit telah diperdalam 1-2 meter. Pekerja juga mengeruk sampah dan endapan di "mulut" Waduk Pluit yang dinilai menghambat aliran dan memperparah genangan banjir Januari 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com