Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Dukung Bawahannya Maju Pilgub Malut

Kompas.com - 28/02/2013, 13:34 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Suku Dinas Pendidikan Dasar Jakarta Pusat Zaenal Soleman akan mencalonkan diri sebagai calon gubernur Maluku Utara. Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama mendukung langkah bawahannya tersebut.

"Ya, bagus dong kalau mencalonkan diri sebagai gubernur," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Kamis (28/2/2013).

Namun, Basuki mengakui belum mengetahui terkait adanya berita tersebut. Menurut dia, sebelum mencalonkan diri sebagai gubernur di wilayah lain, Zaenal harus meminta izin Pemprov DKI untuk mengurus surat pemberhentian jabatannya di Ibu Kota.

"Enggak tahu, mungkin sudah izin ke gubernur kali ya. Gue enggak tahu," kata pria yang akrab disapa Ahok itu.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pun mempersilakan Zaenal jika memang akan meramaikan pesta demokrasi tersebut. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Fadjar Panjaitan juga menyambut baik hal tersebut. Hanya, mereka belum mendapat laporan terkait hal itu.

Zaenal Soleman yang merupakan putra daerah Maluku Utara juga sudah melakukan sosialisasi di Desa Gotalamo, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, pada Selasa 26 Februari lalu. Zaenal mengaku dirinya merupakan salah satu figur terkenal di Maluku Utara yang mengajukan diri untuk calon gubernur pada Pilgub Malut 2013. Dia membuktikannya dengan mengklaim masuk ke tiga besar hasil survei yang dilakukan Partai Demokrat.

"Partai Demokrat sudah melakukan survei dengan menggunakan salah satu lembaga survei terkenal. Hasilnya, saya masuk tiga besar," ungkap Zaenal di hadapan ratusan warga yang datang pada acara sosialiasi itu.

Ia juga telah beberapa kali menyosialisasikan diri di masyarakat dan mengaku ingin kembali ke daerah untuk mengabdi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com