Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, DKI Tata 33 Kampung Kumuh

Kompas.com - 28/02/2013, 15:51 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Tahun ini, Pemprov DKI Jakarta berencana menata kampung kumuh. Sebanyak 33 lokasi kampung kumuh akan ditata.

Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Yonathan Pasodung mengatakan hal itu di Balaikota Jakarta, Kamis (28/2/2013). Yonathan mengatakan, penataan kampung kumuh melibatkan empat aspek, yaitu peremajaan taman, peremajaan jalan, perluasan jalan, serta perbaikan saluran dan rumah. Masyarakat juga akan diikutsertakan dalam meremajakan kampung mereka sendiri dan akan ada konsultan yang turut mendampingi.

"Nah, dari itu, kami bentuk kelompok kerja," kata Yonathan.

Kendati demikian, Yonathan enggan menyebutkan lokasi mana saja yang menjadi sasaran untuk penataan kampung. Proses penunjukan lokasi menurutnya akan dilakukan dengan sistem undi, apalagi jika jumlah peminat lebih dari kuota.

Penataan disesuaikan dengan pola rumah di setiap daerah. Sementara itu, anggaran yang digelontorkan diperkirakan menghabiskan Rp 30 miliar-Rp 40 miliar per titik.

Program penataan kampung juga sudah masuk dalam program unggulan Pemprov DKI tahun ini dan akan sepenuhnya menggunakan APBD DKI. Seperti diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berencana menata 350 kampung di Jakarta. Proses perbaikan kampung akan dilakukan secara bertahap mulai tahun depan dengan sepuluh konsep yang sudah ia persiapkan.

Untuk melakukan upgrade terhadap kampung-kampung kumuh itu diperlukan dana sebesar Rp 30 miliar hingga Rp 50 miliar per kampung. Kampung yang akan ditata juga akan dilengkapi ruang terbuka hijau, perpustakaan, dan drainase yang baik.

Desain-desain kampung itu juga dikerjakan oleh beberapa arsitek swasta dan dari perguruan tinggi negeri. Secara keseluruhan, ada sepuluh desain penataan kampung yang telah diwacanakan oleh Jokowi.

Selain Kampung Protein, desain-desain kampung lain meliputi Kampung Stasiun di Bukit Duri; Kampung Herbal dan Kampung Platform di Manggarai, Jakarta Selatan; Kampung Shopping di Poncol, Jakarta Selatan; Kampung Ikan di Penjaringan, Jakarta Utara; Kampung Kampus di Tomang, Jakarta Barat; Kampung Backpacker di Kebon Sirih, Jakarta Pusat; Kampung Tekstil di Kebon Kacang, Tanah Abang; serta Kampung CBD di Karet.

Berita terkait, baca:

GEBRAKAN JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com