Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Bentrok Ormas, Jokowi : Rukun Semuanya!

Kompas.com - 02/03/2013, 18:01 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bentrokan antara organisasi masyarakat di DKI Jakarta beberapa waktu lalu dianggap sepele oleh Ketua Badan Musyawarah Betawi, Nachrowi Ramli. Entah serius atau tidak, Nara, sapaan akrabnya mengatakan, bentrokan itu hanya bercanda saja.

Sebelum melontarkan pernyataannya itu, sebenarnya para wartawan tengah bertanya kepada Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, usai acara Mubes Bamus Betawi di Asrama Haji Jakarta, Jakarta Timur, Sabtu (2/3/2013) siang. Wartawan menanyakan apa ada imbauan khusus kepada ormas dengan latar belakang Betawi untuk tidak berbuat onar.

"Rukun semuanya," jawab Jokowi.

Belum selesai Jokowi mengutarakan pendapat, mantan rival Jokowi dalam Pilgub DKI tahun 2012 lalu itu memotong kalimat sang gubernur. "Bercanda saja itu, ha..ha..ha.." celetuk Nachrowi.

Wartawan kembali mempertegas usai bersama Jokowi, pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi DKI Jakarta sedikit menambahkan pernyataan sebelumnya. Menurut dia, insiden bentrokan tersebut adalah bentuk dari salah paham antaranggota ormas. Namun, Nara tetap mengatakan bentrokan itu adalah akibat dari bercanda.

"Kalau sama-sama Betawi kadang suka bercanda," katanya serius.

Nara mengatakan, pihaknya telah melakukan komunikasi internal akan insiden tersebut. Ia pun mengimbau kepada seluruh anggota ormas Betawi yang tergabung dalam Bamus Betawi untuk menyelesaikan masalah yang ada agar tidak larut dan berujung pada bentrokan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Forum Betawi Rempug (FBR) terlibat bentrok dengan Pemuda Pancasila (PP), Rabu (27/2/2013) lalu. Bentrokan itu bermula saat anggota PP tengah konvoi dengan sepeda motor di Jalan Gandaria Raya menuju Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk menghadiri persidangan rekannya dalam kasus bentrokan dengan anggota FBR beberapa bulan silam.

Di tengah perjalanan, konvoi sepeda motor anggota PP secara kebetulan bertemu dengan anggota FBR. Saling ejek di antara keduanya pun mengakibatkan bentrokan tak terhindarkan. Satu orang berinisial ZZ terkena luka bacok. Tiga anggota FBR ditangkap, yakni berinisial SH (32), R (23) dan D (29). D pun ditetapkan menjadi tersangka.

Berita terkait, baca :

GEBRAKAN JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com