Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pademangan Barat Jadi Uji Coba Bedah Kampung Jakarta

Kompas.com - 04/03/2013, 21:25 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, kampung di Pademangan Barat akan menjadi uji coba program bedah kampung. Program ini merupakan upaya penataan kampung di DKI Jakarta.

"Jadi kami uji coba di satu RT dulu, di Pademangan Barat, Jakarta Utara," kata Basuki, di Balaikota Jakarta, Senin (4/3/2013). Sebelumnya, Basuki telah bertemu salah satu lembaga dari Fakultas Teknik Universitas Trisakti, Jakarta, untuk mendapatkan pemaparan terkait konsep yang ditawarkan kampus tersebut untuk perbaikan kampung di kota.

"Nanti biar dimatangkan saat bertemu dan presentasi lagi kepada saya. Konsep itu sudah ada dari 2008," kata Basuki. Untuk pelaksanaan bedah kampung itu, kata Basuki, ia sedang melakukan kajian bersama Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) DKI bersama Bank DKI agar uang Pemprov DKI yang digunakan untuk bedah kampung tidak terbuang secara sia-sia.

"(Biaya) bedah perumahan yang dimaksud oleh Pak Gubernur ada beberapa komponen, di antaranya dana yang dihibahkan kepada orang perseorangan, tapi fasilitas sosial dan fasilitas umum tetap dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI," kata pria yang akrab disapa Ahok tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo merencanakan untuk menata 350 kampung di Jakarta. Proses perbaikan kampung itu akan dilakukan secara bertahap mulai tahun depan dengan konsep yang sudah ia persiapkan.

Untuk melakukan upgrade terhadap kampung-kampung itu, diperlukan dana sebesar Rp 30 miliar hingga Rp 50 miliar per kampung. Setiap kampung yang akan ditata itu akan dilengkapi dengan ruang terbuka hijau, perpustakaan, dan drainase yang baik.

Desain-desain kampung itu juga dikerjakan oleh beberapa arsitek swasta dan dari perguruan tinggi negeri. Setidaknya sudah ada sepuluh desain penataan kampung yang sudah disebutkan Jokowi.

Kesepuluh desain penataan kampung yang sudah diwacanakan Jokowi adalah Kampung Protein di kawasan Tegalparang; Kampung Stasiun di Bukit Duri; Kampung Herbal dan Kampung Platform di Manggarai; serta Kampung Shopping di Poncol, yang semuanya di Jakarta Selatan. Lalu, Kampung Ikan di Penjaringan, Jakarta Utara; Kampung Kampus di Tomang, Jakarta Barat; Kampung Backpacker di Kebon Sirih, Jakarta Pusat; Kampung Tekstil di Kebon Kacang, Tanah Abang; serta Kampung CBD di Karet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com