Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDAM Bekasi Bangun Instalasi Baru

Kompas.com - 05/03/2013, 08:06 WIB
Ambrosius Harto Manumoyoso

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi berencana membangun instalasi pengolah air baru di Pondok Ungu, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat. Instalasi baru itu dibangun di wilayah Kota Bekasi tetapi untuk pelanggan di Tarumajaya, wilayah Kabupaten Bekasi.

Pembangunan IPA baru untuk memperkuat pelayanan kepada 10.000 pelanggan yang sudah ada di Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. "IPA baru bisa dimanfaatkan untuk menambah sekitar 1.000-1.500 pelanggan baru," kata Kepala Subbagian Humas PDAM Tirta Bhagasasi Endang Kurnaen, Senin (4/3/2013) malam.

Endang memaparkan, IPA baru akan berkapasitas produksi 150 liter per detik. Kapasitas ini cukup untuk melayani 11.250 pelanggan. Jumlah ini dihitung berdasarkan pada kenyataan bahwa 1 liter per detik cukup untuk 75 pelanggan.

Sebelum pembangunan IPA baru, di Pondok Ungu juga sudah ada instalasi yang berkapasitas 300 liter per detik. IPA lama mencakup 22.000 pelanggan di Bekasi Utara, Kota Bekasi, dan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. IPA baru dikhususkan bagi pelanggan di Tarumajaya.

IPA baru ditargetkan beroperasi pada Juni 2013. Pengoperasian IPA baru itu diandalkan untuk mengatasi pelbagai keluhan yang kerap diutarakan pelanggan yakni kurang lancarnya aliran air terutama bagi pelanggan di Tarumajaya.

Hingga akhir 2012, PDAM Tirta Bhagasasi melayani hampir 166.000 pelanggan. Sebanyak 85.000 pelanggan ada di Kota Bekasi. Sisanya yang 81.000 pelanggan di Kabupaten Bekasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com