Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serang Petugas Jaga, Tahanan Kabur dari Sel

Kompas.com - 05/03/2013, 11:52 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Seorang tahanan titipan Polres Pangkep, Idrus alias Ippang (22) yang menjadi tersangka kasus pencurian  ternak kabur dari dalam sel setelah menyerang petugas jaga, Senin (4/3/2013) sekitar pukul 17.45 Wita.

Kepala bidang Humas Polda Sulselbar, Komisaris Besar Endi Sutendi, Selasa (5/3/2013) menjelaskan, tersangka adalah tangkapan Polsek Mandalle sejak sepekan lalu. Idrus kemudian dititipkan di rumah tahanan Polres Pangkep.

Menurut Endi, Idrus kabur dengan mendorong petugas jaga, Brigadir Abdul Latif saat memberikan makanan nasi bungkus kepada tahanan lainnya.

"Saat penjaga tahanan membuka gembok pintu tahanan dengan maksud memberikan jatah makan, tersangka mendorong pintu sel. Di situlah, Brigpol Abdul Latif terpental dan tersangka langsung kabur dengan cepat berlari. Petugas pun lalu mengejar tersangka sambil berteriak. Tersangka kabur dengan meloncat pagar samping kantor belakang ruang tahanan, namun sampai pengejaran di Jalan Cendana Timur, tersangka akhirnya menghilang," jelas Endi.

Endi menambahkan, hingga kini tersangka belum diringkus dan masih dalam pengejaran polisi. Adapun langkah-langkah mencari tersangka dengan menggerebek rumah dan rumah keluarganya. Selain itu, seluruh jajaran polsek setempat menggelar razia di jalan-jalan raya untuk mencari tersangka.

"Kami mengerahka seluruh anggota piket fungsi untuk terus melakukan pengejaran dan pencarian tahanan yang kabur. Melakukan pencarian ke rumah dan keluarga tersangka serta melakukan razia di jalan poros di seluruh Polsek dijajaran Polda Sulselbar," kata Endi.

Atas kelalaian dalam menjalankan tugas, lanjut Endi, Brigadir Abdul Latif kini diperiksa di Divisi Propam untuk dimintai keterangannya. "Memeriksa anggota yang bertugas jaga karena dianggap lalai dalam menjalankan tugas," tegas Endi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com