Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2013, 20:01 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim dokter Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dan Dokter Polisi Mabes Polri telah selesai merekonstruksi wajah wanita korban mutilasi di Tol Cikampek, Jakarta Timur. Rencananya, sketsa wajah tersebut akan disebarkan ke masyarakat melalui media massa.

Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Timur Komisaris Besar Mulyadi Kaharni mengatakan, sketsa tersebut didapatkan berdasarkan hasil rekonstruksi digital. Sebab, rekonstruksi manual sulit dilakukan karena kondisi kepala tak baik.

"Manual tidak sempurna, disempurnakan melalui digital. Hari ini rekonstruksi sudah selesai. Akan disebar," ujar Mulyadi di kantornya, Kamis (6/3/2013) malam.

Mulyadi menuturkan, sketsa wajah itu dibuat agar masyarakat dapat mengenalinya. Jika ada keluarga yang kehilangan anggota dengan ciri-ciri fisik seperti yang tampak dalam sketsa, bisa langsung datang ke Kepolisian Resor Metro Jakarta Timur atau langsung ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo untuk mencocokkannya.

Hingga hari kedua pascapenemuan potongan jasad wanita di Tol Cikampek tersebut, beberapa keluarga sempat mendatangi RSCM untuk memastikan apakah potongan itu adalah anggota keluarganya atau bukan. Namun, dari semuanya, belum ada satu pun yang menuju ke titik terang.

"Target kita sekarang siapa identitas korban, baru mencari keluarga dan mendalami siapa pelakunya," kata Mulyadi.

Sebelumnya diberitakan, enam potongan tubuh wanita ditemukan di Tol Cikampek, Makasar, Jakarta Timur, ke arah Bekasi, Selasa subuh. Polisi memastikan wanita malang tersebut adalah korban pembunuhan dengan cara mutilasi.

Potongan tubuh wanita ditemukan di beberapa lokasi. Potongan kaki kanan ditemukan di jalur darurat Km 0+200, potongan tangan kanan ditemukan di jalur satu Km 1+200, potongan tangan kiri ditemukan di jalur satu Km 2+200, potongan potongan kaki kiri ditemukan di jalur satu Km 2+300, potongan badan ditemukan di jalur satu Km 2+400, dan potongan kepala terbungkus plastik hitam di jalur dua Km 3+800. Adapun bagian kelamin, bokong, dan jantung korban pun belum diketahui keberadaannya.

Korban diduga masih berusia 25 hingga 30 tahun, berkulit sawo matang, serta memiliki tinggi badan sekitar 160 sentimeter. Rambutnya tampak panjang sebahu, berhidung pesek, memiliki wajah bulat, serta memiliki jempol kaki kiri yang diwarnai cat kuku berwarna hitam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com