Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

565 Keluarga Anak Jalanan Terima Bantuan

Kompas.com - 09/03/2013, 15:38 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 565 keluarga anak jalanan mengantre untuk menerima bantuan sembako dari Kementerian Sosial di Balai Kota Bandung, Jalan Wastu Kencana, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/3/2013). Bantuan tersebut datang dari Yayasan Makkah Al Mukaromah Arab Saudi perwakilan Indonesia.

Menurut Direktur Kesejahteraan Sosial Anak Kementerian Sosial Bambang Mulyadi, bantuan tersebut merupaka stimulan untuk mendukung program bandung bebas gelandangan dan pengemis serta anak jalanan tahun 2014 mendatang.

"Ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah baik pusat dan daerah. Tujuannya sekadar meringankan beban saudara kita yang perlu mendapat perhatian. Selain itu, bantuan ini merupakan bentuk dukungan terhadap program Bandung bebas anak jalanan 2014," kata Bambang saat ditemui usai pembagian, Sabtu (9/3/2013).

Bambang menjelaskan, bantuan tersebut juga untuk menstimulasi provinsi Jawa Barat untuk bekerja lebih giat menekan angka gelandangan-pengemis dan anak jalanan. Pasalnya, lanjut Bambang, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan jumlah gelandangan-pengemis dan anak jalanan terbesar di Indonesia.

"Berikutnya, tahun 2015 Jabar bebas anjal (anak jalanan). Pertimbangan itulah yang mendorong pemerintah pusat merealisasikan target tersebut," ujar dia.

Bambang menyatakan optimismenya, dua target tersebut dapat terealisasikan secepatnya. "Insya Allah bisa, karena ini urusannya beririsan dengan lembaga lainnya. Jadi tidak ada yang mustahil asalkan ada komitmen dan sama-sama melakukan tugas dan fungsinya masing-masing," beber Bambang.

Bambang mengungkapkan, jumlah anak jalanan di seluruh Indonesia sekitar 94.000, sementara di Kota Bandung jumlahnya mencapai sekitar 1.500 jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com