Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditolak Empat RS, Pasien Akhirnya Meninggal

Kompas.com - 09/03/2013, 16:38 WIB
Ariehta Eleison Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang pasien bernama Ana Mudrika (15) meninggal dunia, Sabtu (9/3/2013) setelah tidak diterima oleh empat rumah sakit (RS) untuk dirawat. Ana mengeluh sakit di bagian perut kepada orangtuanya pada Selasa, pukul 14.00. Sorenya, orangtuanya membawa Ana ke RS Firdaus, Jakarta Utara.

"Ana dibawa ke RS Firdaus. Dua hari dirawat di sini, keadaan Ana memburuk. Keluarga minta Ana dipindah ke RS Islam Sukapura. RS Islam Sukapura katakan kamar penuh. Ana hanya bisa dirawat sementara di Instalasi Gawat Darurat. Keluarga diberi waktu 4 jam untuk mencari rumah sakit lain. Empat rumah sakit didatangi tapi menolak semua," ujar ayah Ana, Endang Rukmana.

Empat RS dimaksud keseluruhannya berada di Jakarta Utara. Empat RS itu yakni RS Koja, RS Firdaus, RS Pelabuhan, dan RS Mulyasari. Ketiga RS pertama menolak dengan alasan kamar penuh. Sementara, RS Mulyasari menolak karena tidak menerima pasien pemegang Kartu Jakarta Sehat (KJS).

"Ada yang menolak karena kamar penuh. Kalau RS Mulyasari menolak karena tidak mau terima pasien KJS," ujar Ayu, kakak kandung almarhum.

Sementara ini, pihak empat rumah sakit belum bisa dihubungi untuk klarifikasi. Menanggapi hal ini, Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiono mengatakan akan memerintahkan Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara untuk menanyakan ke pihak RS. "Jika terbukti menolak, akan diberi sanksi. Saya juga perlu lihat dulu, apakah empat RS ini termasuk 88 RS penerima KJS," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com