Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaskuser Rencanakan Galang Dana untuk Ayah Fahmi

Kompas.com - 12/03/2013, 17:07 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhatian datang begitu deras dari pengguna Kaskus terhadap Fahmi Rahardiansyah (19), pemuda yang berniat menjual ginjal untuk pengobatan orangtuanya. Ratusan pengguna Kaskus mengirimkan SMS dan komentar untuk memberikan jalan keluar kepada Fahmi, salah satunya dengan cara menggalang dana.

"Sejak posting kemarin, sudah banyak yang SMS minta nomor rekening untuk memberikan bantuan. Tapi saya enggak mau kalau langsung dikasih begitu saja. Kalau mau membantu, pengguna Kaskus lain ngajak melakukan penggalangan dana," kata Fahmi.

Fahmi menolak bantuan langsung melalui nomor rekening pribadinya karena tidak ingin dianggap sebagai penipu. Menurutnya, Kaskus merupakan wadahnya untuk mencari teman. Dia tidak akan melakukan penipuan dengan cara seperti itu. Hal tersebut dibuktikan dengan cara menyantumkan alamat lengkap dan nomor telepon dalam artikel yang ia kirim di situs Kaskus perihal penjualan ginjalnya.

Fahmi mengatakan, untuk penggalangan dana tersebut, pengguna Kaskus lain meminta rincian dana pengobatan ayah Fahmi. Rincian tersebut untuk mengetahui jumlah biaya perawatan ayahnya sampai sembuh. Rincian biaya itu akan ditayangkan di akun Kaskus milik Fahmi. "Hari ini sambil check up, saya mau tanya ke dokternya perincian biaya rumah sakit," kata Fahmi.

Sejak kemarin, beberapa anggota Kaskus telah memberikan bantuan berupa informasi mengenai pengobatan untuk ayah Fahmi. Salah satu orang Kaskuser bahkan langsung mendatangi rumahnya untuk memberikan bantuan akupuntur kepada ayah Fahmi.

"Ada juga yang mau kasih bantuan pengobatan gratis, tapi tempatnya di Padang. Untuk ongkos saja kan juga butuh uang besar, apalagi Ayah saya sudah enggak kuat lama di jalan," kata Fahmi.

Fahmi mengatakan, ia terpaksa menawarkan ginjalnya dengan imbalan uang karena terimpit masalah ekonomi untuk membiayai pengobatan orangtuanya. Penawaran itu ia sampaikan melalui situs komunitas Kaskus, Senin (10/3/2013). Ia menawarkan ginjalnya dengan imbalan Rp 50 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com