Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Jawab DPRD DKI

Kompas.com - 13/03/2013, 12:00 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menghadiri rapat paripurna bersama DPRD DKI, Rabu (13/3/2013), di Gedung DPRD DKI. Dalam rapat paripurna ini akan disampaikan jawaban Gubernur atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2017 serta Raperda tentang Pengelolaan Sampah.

Sebelumnya, pada 7 Maret 2013, fraksi-fraksi telah menyampaikan pandangan, pendapat, dan saran pada dua Raperda yang disampaikan Jokowi pada 5 Februari 2013. Hari ini, Jokowi memberikan tanggapan terkait pandangan umum fraksi-fraksi tersebut.

Pada 7 Maret 2013, sejumlah fraksi mempertanyakan arah pembangunan dalam RPJMD yang disampaikan Jokowi. RPJMD itu dianggap belum menggambarkan seperti apa dan bagaimana DKI Jakarta pada lima tahun ke depan.

Beberapa fraksi juga meminta pihak eksekutif, yaitu Gubernur Jokowi menjelaskan rencana mengenai program kemacetan, banjir, pedagang kaki lima, pemukiman kumuh, utilitas, dan fasilitas publik lainnya. Selain itu, RPJMD juga harus mampu menjadi acuan penyusunan rencana strategis setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atas arah pengembangan pembangunan daerah, sering kali program SKPD berjalan tidak fokus.

Legislatif juga mengaku belum menemukan beberapa program dari sembilan program unggulan secara konkret dituangkan dalam dokumen RPJMD. Misalnya, program peningkatan kualitas pendidikan, legislatif tidak menemukan indikator penerapan Kartu Jakarta Pintar (KJP), jumlah pembangunan gedung sekolah, dan peningkatan kompetensi guru.

Kemudian, program kualitas kesehatan masyarakat, RPJMD juga dinilai belum menginformasikan secara lengkap target sasaran dan indikator kinerja dari pemberlakuan Kartu Jakarta Sehat (KJS), penambahan tempat tidur kelas tiga, serta desain pelayanan kesehatan di pasar-pasar tradisional atau rumah susun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com