Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov DKI Minta Kedutaan AS Tidak Pakai Trotoar

Kompas.com - 13/03/2013, 17:07 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meminta Kedutaan Besar Amerika Serikat tidak menggunakan trotoar. Sebagian bangunan dan pagar kedutaan diminta dimundurkan karena memang kawasan itu diperuntukkan sebagai trotoar untuk pejalan kaki. Selama ini, pengguna jalan terpaksa menggunakan badan Jalan Medan Merdeka Selatan di depan Kedutaan AS karena trotoar dipasang kawat berduri dan kawasan steril yang dijaga petugas keamanan.

"Kami sudah sampaikan, trotoar tidak dipakai lagi. Mereka harus mundur dari sana," tutur Wakil Gubernur Pemprov DKI Basuki Tjahaja Purnama, Rabu (13/3/2013), di Balaikota Jakarta. Permintaan itu disampaikan Basuki saat bertemu dengan Duta Besar Amerika Serikat Scot Marcel di ruang kerjanya.

Rencananya, Pemerintah Amerika Serikat akan membangun Kantor Kedutaan Besar di Jakarta menjadi lebih besar. Pembangunan kantor ini menjadi salah satu bahan pembicaraan saat Basuki dan Marcel bertemu. Marcel menyatakan terima kasih atas dukungan Pemprov DKI mengenai rencana tersebut.

"Indonesia negara demokrasi ketiga terbesar di dunia. Sangat beralasan membangun kantor kedutaan yang besar di Indonesia," kata Marcel. Begitu pun dengan sebaliknya, Indonesia bisa bangun kantor kedutaan yang lebih besar di Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com