Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Tengok Penertiban Bangunan di Kali Pakin

Kompas.com - 14/03/2013, 13:13 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Proses normalisasi Kali Pakin, Pluit, Jakarta Utara, masih terus dipantau Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Kamis (14/3/2013). Jika sebelumnya ia datang untuk memastikan proses pengerukan kali, kali ini ia datang untuk menilik proses penertiban bangunan di sisi kali tersebut.

Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 13.00 WIB. Setibanya di sini, ia langsung menuju jalan inspeksi, jalan yang baru dibeton ketika bangunan yang berdiri selesai dirobohkan. Ratusan bangunan yang terdiri dari rumah-rumah warga dibongkar dan penghuninya direlokasi ke rumah susun sederhana sewa Marunda.

Ke depan, Jokowi berharap jalan inspeksi ini dapat menjadi jalur alternatif bagi para warga. "Ini nanti sisi kanan kirinya kan bisa dipakai untuk jalan," kata Jokowi.

Jokowi sempat meninjau proses pengerukan di Kali Pakin ini pada 18 Februari 2013 lalu. Ia mengatakan, pengerukan yang dimodali oleh bantuan swasta ini dilakukan untuk menjadi contoh sebelum semua kali atau sungai dikeruk menggunakan APBD DKI.

Mantan Wali Kota Surakarta ini menjelaskan, Kali Pakin akan dikeruk sampai kedalamannya mencapai lima meter. Sedimentasi yang mengendap akan dibuang, atau diberikan kepada pihak yang mau mengelolanya.

Pengerukan kali ini menjadi momentum dimulainya program normalisasi sungai. Hal ini dilakukan supaya aliran air ke Waduk Pluit dapat lebih lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com