Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Janji Gempur Habis Bangunan di Sisi Sungai Pakin

Kompas.com - 14/03/2013, 14:16 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berjanji tak akan tebang pilih saat melakukan normalisasi Sungai Pakin, Pluit, Jakarta Utara. Dengan tegas dia mengatakan, semua bangunan yang berada tepat di sisi Sungai Pakin akan dibongkar habis sebagai bagian dari normalisasi sungai tersebut.

Dijumpai saat meninjau Sungai Pakin, Jokowi menyampaikan bahwa di sisi sepanjang Sungai Pakin masih terdapat banyak bangunan. Tak hanya rumah-rumah warga, tetapi juga ruko dan showroom-showroom kendaraan.

"Nanti dibongkar semua, gempur habis. Biar masyarakat tahu, enggak cuma (bangunan) yang kecil-kecil, yang besar-besar juga," kata Jokowi di sisi Sungai Pakin, Pluit, Jakarta Utara, Kamis (14/3/2013).

Mantan Wali Kota Surakarta itu menjelaskan, sikap tegasnya ini diambil bukan hanya untuk mengoptimalkan upaya normalisasi sungai, melainkan juga untuk menunjukkan rasa adil untuk ratusan warga yang rumahnya telah dibongkar lebih dulu.

"Senin-lah kita lihat lagi, masih banyak rumah gede. Nanti kita lihat, kita bongkar semua," ujarnya.

Sebagai informasi, pengerukan Sungai Pakin dijadikan Jokowi sebagai percontohan program normalisasi sungai. Selain kedalaman dan lebar sungai yang ditambah, sisi-sisi sungai juga akan dijadikan jalan alternatif dan dihijaukan.

Berita terkait, baca:

GEBRAKAN JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com