Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Tak Permasalahkan Usulan Pengganti Sekda

Kompas.com - 15/03/2013, 20:18 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tidak keberatan dengan usulan dari salah seorang anggota DPRD DKI tentang calon pengganti Sekretaris Daerah Fadjar Panjaitan. Menurutnya, sikap legislatif itu tak akan memengaruhi apa pun, terlebih sampai saat ini posisi Sekda masih ditempati oleh Fadjar.

"Lho, usulan bagaimana toh, itu Sekdanya masih ada kok? Tapi enggak apa-apa, namanya Dewan kan tidak ada masalah untuk memberikan usulan-usulan," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Jumat (15/3/2013).

Sebelumnya, Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Muhammad Sanusi menyatakan bahwa pejabat Pemprov DKI yang mumpuni menjadi Sekda berikutnya adalah Asisten Pemerintahan Sylviana Murni, Asisten Bidang Pembangunan Wiryatmoko, dan Deputi Gubernur Bidang Kependudukan Syahrul Effendi. "Tetapi itu kan pemikiran saya, bukan atas nama DPRD. Mungkin gubernur dan wagub punya pemikiran lain," kata Sanusi.

Seiring dengan masa pensiunnya, Fadjar akan mengakhiri jabatannya sebagai Sekda DKI Jakarta pada Maret 2013. Namun, hingga hari ini Gubernur Jokowi belum juga mengusulkan kandidat penggantinya.

Secara terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memastikan tidak akan memperpanjang masa jabatan pejabat yang memasuki masa pensiun. Namun, untuk menentukan siapa yang akan menempati posisi Sekda, Basuki masih merahasiakannya. Menurut Basuki, saat ini Jokowi masih mencari orang yang tepat untuk menduduki jabatan tersebut.

Beberapa waktu lalu, Basuki sempat menyebutkan bahwa Asisten Pembangunan DKI Wiriyatmoko merupakan calon Sekda DKI. Namun, pernyataan itu buru-buru diralat oleh mantan Bupati Belitung Timur itu. Basuki mengatakan, kandidat sekda adalah PNS Pemprov DKI yang telah memiliki pangkat IV-D. Dia awalnya enggan menjelaskan siapa saja pejabat golongan IV-D itu yang merupakan calon ideal Basuki untuk menggantikan posisi Fadjar.

Setelah didesak, akhirnya Basuki menyebutkan dua nama pejabat IV-D yang diprediksi sebagai calon sekda DKI. "Pak Gubernur sudah putuskan, tidak ada yang diperpanjang kalau pensiun," ujar Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com