Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Rekam Petugas Buka Ritsleting Saat Penertiban

Kompas.com - 18/03/2013, 14:15 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang warga Jalan Gedong Panjang di Penjaringan, Jakarta Utara, Erna (35), merekam foto seorang petugas yang nekat membuka ritsleting celana saat akan membongkar bangunan di tepi Kali Opak, beberapa hari lalu. Menurut Erna, petugas itu menantang warga karena menolak pembongkaran.

Petugas itu mengenakan kaus berkerah dan celana jins. Dia berdiri di atas roda back hoe yang siap merobohkan bangunan. Erna, yang pada Senin (18/3/2013) siang kembali menolak kehadiran petugas yang berencana membongkar bangunan menduga, petugas itu hendak menakut-nakuti warga agar mundur dan tak menghalangi alat berat.

Erna menyebutkan, dirinya sempat maju dan menghadang petugas. Namun, petugas tetap maju dengan alat berat. Sebagian bangunan di lokasi usaha Erna pun telah dirobohkan. "Jari manis kiri saya terluka dan saya sudah memvisumnya di rumah sakit," ujarnya.

Terkait petugas yang mengancam warga dan membuka ritsleting, Kepala Seksi Penertiban Suku Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan Jakarta Utara, Febriana Tambunan mengatakan, dirinya tak yakin laporan itu benar. "Tak mungkin seperti itu," ujarnya.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo meminta warga melaporkannya kepada penegak hukum jika benar terjadi. Jokowi berharap tak ada petugas atau aparat pemerintah yang sewenang-wenang di lapangan. "Laporkan saja jika itu benar," kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com