Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Yakin Mampu Sediakan Sumber Air Bersih Jakarta

Kompas.com - 19/03/2013, 12:26 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tengah mencari cara memenuhi ketersediaan air bersih untuk Ibu Kota. Menurutnya, saat ini ada beberapa cara untuk memenuhi ketersediaan air bersih tersebut, yakni dengan menggaet PDAM dan mendorong terciptanya sumber air baku baru melalui sumur resapan di banyak titik di Jakarta.

Joko Widodo alias Jokowi menyampaikan, tahun ini PDAM telah memulai upaya mencukupi ketersediaan air bersih. Sumber air bakunya diambil dari Waduk Jatiluhur yang berada di wilayah Jawa Barat.

"Ya, tahun ini kalau sudah dikerjakan oleh PDAM, ya okelah itu dikerjain," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Selasa (19/3/2013).

Setelah itu, kata Jokowi, pihaknya juga akan mendorong lahirnya banyak sumur resapan melalui peraturan gubernur (pergub) tentang sumur resapan. Pergub itu kini masih digodok dan akan segera diterbitkan.

Dengan lahirnya banyak sumur resapan, Jokowi yakin ketersediaan air baku untuk diolah menjadi air bersih di Jakarta akan terpenuhi. Kalaupun nantinya PDAM berhasil memenuhi 100 persen ketersediaan air baku untuk Jakarta, maka air baku dalam tanah dari sumur resapan akan menjadi sumber air baku cadangannya.

"Air baku bawah tanah mestinya siap 20-30 tahun, ini yang enggak pernah kita antisipasi. PDAM sekarang baru bisa memenuhi 60 persen kebutuhan air baku," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com