Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkait Fa'i, Dua Komplotan Teroris Perampok Emas Diburu

Kompas.com - 19/03/2013, 17:27 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua pelaku yang masih terkait dengan perampokan di Toko Emas, jalan Tubagus Angke, Tambora, Jakarta Barat diburu aparat kepolisian. Kedua pelaku yang berinisial ED dan SY diduga berperan sebagai pengumpul dana untuk kegiatan terorisme atau yang dikenal dengan istilah fa'i.

"Kasus terorisme, kita masih mencari dua tersangka lagi, inisialnya ED dan SY yang peranannya dalam kelompok fa'i juga," kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, di Mapolda Metro Jaya, Selasa (19/3/2013).

Rikwanto mengatakan, keduanya melanggar hukum lantaran terlibat dalam kelompok yang mencari dana untuk kegiatan terorisme. Lebih jauh, menurutnya pihak kepolisian tengah melakukan penyelidikan terhadap jenis bom yang didapat dari penangkapan perampok emas yang terlibat jaringan teroris tersebut.

"Densus 88 sedang mendalami dari bomnya, kemudian benang merah (kelompok itu) dengan kelompok lainnya," ujar Rikwanto.

Seperti diketahui, sebanyak 14 buah bom ditemukan polisi saat dilakukan penangkapan terhadap para pelaku perampokan yang masuk dalam jaringan Abu Umar. Dari keterangan para pelaku yang ditangkap, bom tersebut digunakan untuk menyerang instansi militer dan kepolisian di Kwitang, Jakarta Pusat.

Selain ED dan SY, polisi juga masih melakukan pengejaran terhadap satu pelaku yang terlibat langsung dalam perampokan toko emas berinisial F.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com