Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Gunakan Data Geospasial Agar Pembangunan Optimal

Kompas.com - 20/03/2013, 14:05 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng Badan Informasi Geospasial (BIG) untuk melakukan pemetaan. Kerjasama itu dilakukan agar pembangunan di Jakarta bisa lebih optimal, dan ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antarkedua pihak.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, pihaknya akan menggunakan data dari BIG untuk tata ruang Ibu Kota, seperti menentukan sistem transportasi, banjir, perumahan, dan drainase.

"Nanti setiap perencanaan akan menggunakan ini. Geospasial akan membuat semua kelihatan (detil), dan ini penting sekali," kata Jokowi, seusai penandatanganan kesepakatan, di Balaikota Jakarta, Rabu (20/3/2013).

Menurutnya, perencanaan pembangunan tidak dapat dilakukan tanpa menggunakan data yang kuat. Data ini nantinya akan digunakan oleh beberapa unit terkait, seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan, serta Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintahan Daerah.

Kepala Badan Informasi Geospasial Asep Karsidi menyampaikan bahwa geospasial bisa dipakai untuk berbagai kepentingan. Seperti mengatur kemacetan lalu lintas, menata masalah banjir, serta hal-hal yang bersifat sosial ekonomi. Namun, data yang diperoleh itu nantinya akan bersifat near real time, karena satelit yang melintas di atas Indonesia tidak setiap hari.

Data tata ruang ini, kata Asep, bisa diakses oleh masyarakat melalui portal tanahair.indonesia.go.id. "Di situ (portal) bisa dilihat, ada tujuh layer tentang pemetaan," kata Asep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com