Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DKI dan BPOM Akan Bangun Lima Pasar Percontohan

Kompas.com - 21/03/2013, 02:41 WIB

Jakarta, Kompas - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Badan Pemeriksa Obat dan Makanan akan membuat lima pasar percontohan yang aman dari bahan-bahan berbahaya, di setiap wilayah.

Sebagai rintisan, Gubernur DKI Joko Widodo bersama Kepala Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) Lucky Oemar Said mengunjungi pedagang jamu, tahu, ikan, dan daging di Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur, Rabu (20/3).

Dengan adanya lima pasar percontohan itu, Jokowi berharap masyarakat yang berbelanja di pasar bisa mendapatkan bahan makanan yang lebih terjamin.

”Jadi akan dicek, apakah jamu itu mengandung bahan berbahaya atau tidak, ikan juga dicek, tahu juga dicek. BPOM yang memeriksanya,” tuturnya.

Teknis pengawasannya akan dilaksanakan BPOM menggunakan laboratorium berjalan. Setiap kios yang telah diperiksa BPOM akan diberikan stiker. Pemeriksaan secara berkala juga akan dilakukan.

”Pedagang kaki lima juga akan diperiksa barang dagangannya oleh BPOM,” kata Jokowi.

Lucky Oemar Said menegaskan, pengawasan peredaran makanan, obat, dan minuman sudah dilaksanakan BPOM cukup lama. Kini, giliran pengawasan secara terpadu di pasar. Untuk itu, BPOM bekerja sama dengan Pemprov DKI mencanangkan lima pasar percontohan.

Dalam pengawasan ini, kata Lucky, BPOM tidak hanya mengedepankan penindakan, tetapi juga pembelajaran dan sosialisasi kepada masyarakat.

Sumiyati (55), salah seorang pedagang jamu di Pasar Perumnas Klender, mengungkapkan, selama ini memang tidak pernah ada sosialisasi jamu berbahan kimia berbahaya. Namun, dia merasakan, 4 tahun belakangan, razia banyak dilakukan. (MDN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com