Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kebakaran, Jokowi Akan Audit Bangunan dan Kelistrikan

Kompas.com - 21/03/2013, 21:49 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau kebakaran yang terjadi di Kantor Sekretariat Negara di Jalan Veteran Raya, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2013) malam. Dia pun mengutarakan rencananya menyikapi kebakaran yang terus terjadi di Jakarta, termasuk di gedung Sekretariat Negara ini.

"Iya, nanti akan ada audit dan sudah saya sampaikan nanti akan ada audit bangunan yang sudah berjalan untuk masalah banjir dan kebakaran," kata Jokowi di lokasi. Untuk gedung-gedung pemerintahan dan vital, kata Jokowi, fasilitas sarana dan prasarana sangat lengkap dan komplet tersedia di lokasi.

Api di kantor Setneg pun cepat dipadamkan karena lokasi yang strategis dan bukan merupakan padat penduduk. Untuk gedung-gedung besar, harus ada sistem dan pengauditan gedung.

Selain audit gedung, menurut Jokowi, juga harus ada audit kelistrikan. "Memang dari PLN harus ada audit kabel dan bangunan yang bersifat kelistrikan dan kita sudah surati juga ke PLN masalah itu untuk di kawasan yang rawan kebakaran," kata mantan Wali Kota Surakarta itu.

Jokowi yang saat kejadian masih berada di Ciracas untuk menghadiri acara Kadin mengaku terus berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) DKI Subejo untuk memastikan kondisinya yang sudah semakin membaik. Ia juga terus memastikan bahwa aparatnya selalu bersiaga mengatasi suatu permasalahan.

"Saya juga senang karena aparat saya sudah sigap sampai di lokasi dan sudah 37 unit mobil pemadam kebakaran yang disiagakan," ujar Jokowi. Gubernur DKI Jakarta tiba di lokasi sekitar pukul 20.00 WIB. Ia meninjau lokasi kebakaran bersama Subejo dan Semensesneg Lambock V Nahattands.

Jokowi meninjau lokasi hanya sekitar lima menit. Dalam tinjauannya itu, ia tampak selalu bercakap dengan Subejo.

Berita terkait dapat dibaca dalam topik: Gedung Setneg Terbakar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com