Minggu, 23 November 2014

News / Megapolitan

Masih Ada Kelurahan yang Belum Pasang Poster Rincian APBD

Kamis, 21 Maret 2013 | 22:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Poster berisi rincian dana APBD untuk tingkat kecamatan dan kelurahan sudah disebar. Proses penyebarannya itu memang dilakukan secara bertahap. Namun, masih ada kelurahan yang sudah mendapatkan poster tersebut, tetapi belum juga dipasang.

Di kantor Kelurahan Bendungan Hilir, misalnya, walaupun poster rincian dana APBD sudah sampai sejak Rabu (20/3/2013) sekitar pukul 16.00, tetapi poster transparansi APBD belum juga dipasang.

"Sudah, sudah datang kemarin, tapi pak lurahnya sedang di luar. Kan harus berkoordinasi dulu dengan beliau," kata Yanti Sri Hindayati, Sekretaris Kelurahan Bendungan Hilir, Kamis (21/3/2013).

Yanti mengatakan, poster tersebut akan segera dipasangkan di depan pintu masuk kantor agar masyarakat dapat melihatnya. Adapun jumlah dana yang diberikan untuk Kelurahan Bendungan Hilir sekitar Rp 4 miliar.

"Bagus ya dibuatkan poster seperti ini agar warga tidak curiga," ujarnya.

Sementara itu, poster rincian dana APBD untuk Kecamatan Menteng sudah terpampang persis di depan pintu masuk. Poster tersebut langsung dipasang begitu tiba pada Rabu (19/3/2013) siang.

Di poster itu terdapat rincian seluruh dana yang akan digunakan, mulai dari total dana Provinsi DKI Jakarta sampai untuk kegiatan pembangunan di Kecamatan Menteng. Di poster itu juga tertera rincian program-program unggulan Provinsi DKI berikut anggarannya.

Program unggulan dimaksud di antaranya pembangunan Kanal Banjir Timur dengan dana Rp 86 miliar; normalisasi sungai dan saluran drainase Rp 476 miliar; dan penataan pembangunan situ, waduk serta tanggul pengaman pantai dan sumur resapan dengan dana Rp 835,88 miliar.

Untuk Kecamatan Menteng sendiri, dana yang disediakan untuk pembangunan wilayahnya sebesar Rp 3,5 miliar. Dana ini akan digunakan di antaranya untuk program peningkatan sarana dan prasarana aparatur sebesar Rp 590 juta dan program peningkatan pelayanan pemerintahan kecamatan yang mencapai Rp 2,9 miliar.


Penulis: Zico Nurrashid Priharseno
Editor : Farid Assifa