Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompor Meledak, Puluhan Rumah Ludes Terbakar

Kompas.com - 22/03/2013, 15:10 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Asap masih terlihat dari pemukiman padat di Jalan Kapalio RT 15 RW 01 Pesanggrahan, Jakarta Selatan, yang habis dilalap api. Wajah-wajah pemilik rumah yang terbakar berusaha mengumpulkan barang-barang mereka yang tersisa.

 

Api mulai berkobar membakar rumah mereka pada pukul 10.30 WIB, Jumat (22/3/2013) tadi. Sumber api berawal dari kompor meledak di salah satu rumah warga.

"Tadi laporan masuk jam 10.45, sekitar jam 12 sudah bisa kita padamkan. Penyebabnya, akibat kompor meledak yang berasal dari salah satu rumah," kata Muchtar Zakaria, Kepala Operasional Sudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana, Jakarta Selatan.

Sekitar 18 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan dalam kebakaran di permukiman padat penduduk tersebut. Petugas sampai saat ini masih melakukan upaya pendinginan di lokasi yang masih dipenuhi asap tebal dan belum dapat memberikan keterangan seputar penyebab kebakaran.

Sementara itu Tugimin, Ketua RT setempat, menjelaskan bahwa awalnya api bermula dari rumah kontrakan warga yang bernama Eti. Namun saat kejadian, Eti sedang tidak berada di rumah.

Api muncul secara tiba-tiba dari dalam rumah kontrakan tersebut dan dengan cepat menjalar dan merembet ke rumah-rumah di sekitarnya. "Apinya katanya dari lantai dua," ujar Tugimin.

Akibat kejadian tersebut, terdapat sekitar 240 jiwa yang terdiri atas 60 KK kehilangan tempat tinggal dan mengungsi di masjid atau mushala terdekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com