Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tergiur Mobil Murah Malah Jadi Korban Penipuan

Kompas.com - 26/03/2013, 04:58 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com — Percaya bisa mendapat mobil dengan harga murah, 12 orang tertipu hingga miliaran rupiah. Para korban penipuan percaya karena mendapat jaminan mobil yang ternyata milik rental mobil.

Itulah yang dialami 12 orang warga Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur. Perbuatan pelaku terungkap ketika para pemilik mobil rental melapor ke polisi karena mobil yang disewa pelaku tidak pernah kembali.

Salah satu korban penipuan itu adalah Anwar Belmonte, warga Kelurahan Aplasi, Kecamatan Kota Kefamenanu. Dia mengaku ditawarkan mobil Toyota Rush seharga Rp 100 juta. Sebagai tanda jadi, pelaku meminta uang muka Rp 50 juta dengan jaminan mobil.

"Dan membuat saya lebih yakin lagi, mereka sempat menitipkan sebuah mobil sebagai jaminan. Tetapi, setelah menunggu, ternyata tidak juga muncul. Saya mulai curiga ternyata mobil yang dititipkan sebagai jaminan malah milik orang lain," tutur Anwar, Senin (25/3/2013).

Menurut Anwar, selain dirinya, ada beberapa pengusaha, pegawai negeri sipil, kepala sekolah, dan beberapa orang pejabat juga turut menjadi korban penipuan. "Setelah saya cek ternyata bukan hanya saya yang tertipu, tetapi sekitar 12 orang warga TTU lainnya juga tertipu," ujar Anwar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com