Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiang Reklame di Tanggul Latuharhary Akhirnya Dibongkar

Kompas.com - 26/03/2013, 19:22 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Tiang-tiang papan reklame yang berada di Jalan Latuharhary, Jakarta Pusat, akhirnya dibongkar. Pembongkaran ini dilakukan menyusul pesan Gubernur DKI Jakarta yang mengatakan papan reklame di dekat tanggul harus dibongkar karena bisa membahayakan warga sekitar.

Tiga tiang papan reklame ini sudah dibongkar sejak Sabtu (23/3/2013). Pembongkaran tiang setinggi 28 meter ini dilakukan dengan cara manual. Dipotong-potong menjadi bagian-bagian kecil, lalu diturunkan dengan menggunakan tali. Lalu dipotong-potong dengan las sesampainya di bawah.

"Harusnya ini menggunakan crane. Tetapi susah penempatannya. Makanya menggunakan manual," ujar Mus Hariadi, salah satu pekerja yang membongkar tiang papan reklame ketika ditemui di lokasi, Selasa (26/3/2013).

Terdapat tiga perusahaan yang membongkar tiang-tiang dengan papan bidang 8x16 meter ini. Hal ini bertujuan agar pembongkaran ketiga tiang-tiang tersebut cepat terselesaikan.

"Jadi satu tiang ini satu perusahaan yang membongkar. Biar cepet selesai pembongkarannya," kata Mus Hariadi.

Wiryatmoko, asisten Gubernur bidang pembangunan, memperkirakan, pembongkaran ini akan memakan waktu seminggu lamanya, terhitung mulai dari tanggal 23 Maret 2013.

"Pembongkaran ini diperkirakan selesai dalam minggu ini. Karena sudah diinstruksikan Gubernur agar tidak membangun papan reklame di bantaran kali, karena bukan tempatnya. Sebenarnya pengiklan masih ada izin, tapi karena perintah Gubernur tadi, mereka juga sudah setuju, nanti kami carikan tempat lain," tuturnya saat dihubungi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com