Jumat, 18 April 2014

News / Megapolitan

Jokowi Serahkan Laporan Keuangan kepada BPK

Kamis, 28 Maret 2013 | 11:21 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menepati janjinya menyerahkan Laporan Keuangan Pemprov DKI Jakarta Tahun Anggaran 2012 pada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi DKI Jakarta, di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, Kamis (28/3/2013). Laporan keuangan langsung diberikan kepada Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi DKI Jakarta, Blucer W Rajagukguk.

"Ini mau menyerahkan dokumen ke sana (BPK)," kata Jokowi sesaat sebelum meninggalkan Balaikota Jakarta untuk menuju KE Gedung BPK.

Dengan mengenakan batik berwarna coklat, pria yang akrab disapa Jokowi itu tiba di Gedung BPK DKI Jakarta pada pukul 10.25 WIB. Setelah beramah tamah, acara penyerahan langsung dimulai. Dalam pidatonya, Blucer memberikan paparan terkait optimalisasi dana aset, dana pendidikan, pengendalian banjir dan kemacetan, khususnya mengenai transjakarta.

"Transjakarta banyak kelemahan, diharap jadi perhatian. Ini salah satunya banyak sekali (unit) sempat terbakar. Setidaknya, masyarakat harus nyaman," ujar Blucer W Rajagukguk.

Dalam pidatonya, Jokowi berjanji akan memperbaiki dan meningkatkan efektivitas penggunaan anggaran, baik yang berhubungan dengan aset maupun realisasi program. "Saya harap DKI Jakarta ke depannya akan lebih baik," kata Jokowi.

Perlu diketahui, sesuai rencana, Pemerintah Provinsi DKI menyerahkan laporan keuangan pada hari ini (Kamis, 28 Maret 2013). Terhitung tiga bulan setelah berakhirnya tahun anggaran 2012, bahkan lebih cepat tiga hari. Berdasarkan proses audit laporan sebelumnya, BPK memerlukan waktu sekitar dua bulan untuk menyelesaikan audit. Blucer sempat berjanji paling lambat 31 Mei 2013 hasil audit sudah dapat disampaikan secara transparan.

Berita terkait, baca :

GEBRAKAN JOKOWI-BASUKI


Penulis: Indra Akuntono
Editor : Hertanto Soebijoto