Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi, Ikon Gerakan Stop Kekerasan Seksual terhadap Anak

Kompas.com - 28/03/2013, 18:32 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan didaulat menjadi ikon gerakan stop kekerasan seksual terhadap anak. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama seusai pertemuannya bersama Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait.

"Kita mau meminta Pak Gubernur untuk menjadi ikon untuk gerakan menyetop kekerasan seksual terhadap anak," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Kamis (28/3/2013).

Menurut Basuki, Jakarta menjadi kota dengan nomor urut teratas terkait kekerasan terhadap anak, terutama kekerasan seksual. Basuki mengharapkan, pada Hari Kartini 21 April mendatang, gerakan stop kekerasan seksual terhadap anak dapat dicanangkan di Monumen Nasional, Jakarta Pusat.

"Kekerasan seksual itu terutama peristiwa inses (pernikahan dalam satu hubungan keluarga) atau segala macam itulah. Jakarta Timur termasuk wilayah yang angka kekerasan seksual terhadap anak-anaknya cukup tinggi," kata Basuki.

Basuki mengatakan, telah memerintahkan Asisten Kesejahteraan Masyarakat DKI, Mara Oloan Siregar, untuk terus berkomunikasi dengan Komnas PA. Untuk menanggulangi semakin tingginya angka kekerasan seksual itu, Basuki mengatakan perlunya ada koordinasi tiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) mulai dari perangkat yang paling bawah hingga atas.

"Makanya kita butuh lurah yang betul-betul punya hati dulu, dengan Dinas Sosial juga sama. Jadi, sekarang perlu ada koordinasi antara SKPD dan itu yang mau kita lakukan," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com