Orang Korsel Sangat Bangga dengan Produk Dalam Negerinya - Kompas.com

Orang Korsel Sangat Bangga dengan Produk Dalam Negerinya

Kompas.com - 31/03/2013, 17:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Seorang blogger Kompasiana dan ekonom Bank Indonesia, Junanto Herdiawan kembali meluncurkan buku terbarunya yang berjudul "Shocking Korea". Acara peluncuran dan bedah buku ini diselenggarakan di Toko Buku Gramedia Matraman, Jakarta, Minggu (31/3/2013) siang.

Sebelumnya, Junanto juga telah membukukan tulisannya yang berasal dari media sosial Kompasiana dengan judul "Shocking Japan" yang bercerita tentang kehidupan sosial dan budaya serta kuliner di Jepang. Begitu juga dalam buku terbarunya ini, Junanto banyak bercerita tentang kehidupan sosial, budaya, politik hingga kuliner khas Korea Selatan.

Perbedaan budaya sampai cita rasa kuliner di Jepang maupun Korea bagi Junanto menjadi suatu cerita yang menarik dan unik. Misalnya saja tentang kebanggaan orang Korea terhadap produk dalam negerinya sendiri. Mulai dari mobil, barang elektronik seperti telepon selular sampai hal kecil pun merupakan produk dalam negeri Korea. Ini bersebrangan dengan keadaan di negara Asia lainnya, dimana produk impor masih menjadi primadona konsumen.

Junanto sendiri pernah dibentak seorang penjual elektronik di Korea saat mencari barang buatan Jepang. "Hey, mister! This is Korea, no made Japan, made in Korea better", kata penjual elektronik tersebut seperti ditulis Junanto di dalam bukunya.

Di acara ini, Junanto tidak sendirian meluncurkan buku terbarunya. Ada dua buku lagi yang diluncurkan bersama-sama, yaitu "Shocking China" karya Sophie Mou dan "Shocking Egypt" karya Muhlashon Jalaluddin. Ketiga buku ini dan buku "Shocking Japan" diterbitkan oleh penerbit Bentang Pustaka dalam sebuah serial "Shocking Series".

EditorPepih Nugraha
Komentar