Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Terus Awasi Aksi Balapan Liar

Kompas.com - 01/04/2013, 04:51 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Satuan Lalu Lintas Polresta Banjarmasin kini terus mengawasi aksi balapan liar yang sering terjadi di wilayah Kota Banjarmasin dan dinilai meresahkan masyarakat dan pengguna jalan.

Pantauan Antara, Minggu (31/3/2013) sekitar pukul 03.00 wita beberapa anggota Satuan Lalu Lintas Polresta Banjarmasin terus melakukan pengawasan dijalan-jalan yang sering digunakan untuk aksi balapan liar.

Kawasan yang dijaga dan diawasi oleh polisi berseragam itu diantaranya kawasan Jalan Jenderal Ahmad Yani Km 5, Jalan Brigjend Hasan Basri dan Jembatan RK Ilir Kota Banjarmasin serta kawasan lainnya.

Dengan adanya penjagaan dan pengawasan itu, para pelaku aksi balapan liar tersebut berpikir dua kali untuk melakukan aksi tersebut di kawasan yang sering digunakan untuk kebut-kebutan.

Biasanya, aksi yang menantang maut itu dilakukan sekitar pukul 02.00 wita hingga pukul 04.00 wita dini hari, dan polisi harus lebih ekstra melakukan pengawasan.

Ada beberapa pelaku balapan liar yang ingin beraksi di kawasan Jalan Jenderal Ahmad Yani Km 5 Banjarmasin, namun setelah mereka melihat ada beberapa polisi lalu lintas, mereka langsung berputar arah.

Sehingga ada sisi positifnya juga, apabila polisi selalu berjaga dan melakukan pengawasan di tempat-tempat yang sering beraksi para pelaku balapan liar.

Sementara itu Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Banjarmasin, Kompol Moerdilly Sik di Banjarmasin, mengatakan, pihak tidak akan pernah berhenti untuk melakukan pengawasan serta tindakan terhadap para balapan liar itu.

Karena aksi tersebut, sudah banyak meresahkan masyarakat dan para pengguna jalan, saat ini apabila mereka berhasil diamankan maka langsung ditindak tegas dengan memberikan sanksi tilang selama tiga sampai lima bulan baru bisa dilakukan pengurusan terhadap sepeda motor mereka yang diamankan.

Sampai saat ini sudah ada lebih kurang ratusan sepeda motor yang diamankan dihalaman Polresta Banjarmasin dan semua itu hasil dari razia terhadap aksi balapan liar dibeberapa kawasan di Kota Banjarmasin.

"Kita akan terus awasi karena aksi balapan liar itu sudah banyak keluhan yang masuk dari masyarakat dan para pengendara lainnya, dan aksi tersebut terus kita lakukan penertiban dan tindakan sampai menimbulkan efek jera bagi yang lainnya," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com