Rabu, 17 September 2014

News / Megapolitan

Jokowi: Transjakarta 24 Jam Tunggu Perbaikan Bus Rusak

Senin, 1 April 2013 | 12:15 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana pengoperasian bus transjakarta selama 24 jam nonstop belum bisa segera terlaksana. Sebab, masih harus menunggu perbaikan unit bus yang rusak.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyampaikan, perbaikan unit bus transjakarta akan segera dilakukan. Dalam prediksinya, semua bisa selesai dalang jangka dua sampai tiga bulan ke depan.

"Nunggu, nunggu bus yang rusak diperbaiki. Setelah diperbaiki, bus-bus itu akan digunakan untuk malam hari," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Senin (1/4/2013).

Secara terpisah, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, upaya mengoperasikan bus transjakarta selama 24 jam mulai direalisasikan dari sekarang. Untuk mendukungnya, penambahan ratusan bus akan dilakukan bertahap dan selesai paling lambat pada awal 2014.

Pada awal 2014, kata dia, jumlah bus transjakarta akan mencapai 1.353 bus. Jumlah itu berasal dari 669 bus yang telah beroperasi saat ini, ditambah 684 bus baru yang didominasi jenis bus gandeng.

Penambahan 684 bus baru tersebut dipecah dua. Sebanyak 450 bus melalui APBD dan 234 bus lainnya melalui lelang investasi. Sebanyak 450 bus tersebut akan disebar di beberapa koridor, sedangkan yang 234 bus akan kembali dipecah. Sebanyak 76 bus untuk menambal bus transjakarta yang mulai rusak di Koridor II dan III, lalu 158 bus lain untuk koridor baru yang saat ini telah masuk proses lelang investasi.

Semua bus lama, kata Pristono, terlebih yang kondisinya mulai rusak, akan ditarik ke bengkel untuk diperbaiki. Bus-bus ini nantinya akan menjadi angkutan malam hari (amari) yang beroperasi malam sampai pagi hari.

Selama ini, operasional bus transjakarta dimulai sejak pukul 05.30 sampai 23.00. Untuk mengisi kekosongan, amari akan beroperasi mulai pukul 23.00 sampai 05.30.

Meski begitu, jumlah bus transjakarta yang menjadi amari masih sangat minim. Untuk setiap koridornya, Dinas Perhubungan DKI akan menerjunkan masing-masing 10 bus.

"Jadi, transjakarta akan beroperasi 24 jam, akhir tahun ini atau awal tahun depan," kata Pristono.


Penulis: Indra Akuntono
Editor : Ana Shofiana Syatiri