Sabtu, 22 November 2014

News / Megapolitan

Lelang Kendaraan Pemprov DKI Terbuka untuk Umum

Senin, 1 April 2013 | 18:34 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Kendaraan operasional Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan dilelang berjumlah ratusan. Seluruh kendaraan itu dilelang berdasarkan perhitungan ekonomis dan terbuka untuk umum.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Endang Widjajanti menyampaikan, ratusan kendaraan itu merupakan kendaraan operasional lapangan dari Dinas Kebersihan sebanyak lebih dari 150 unit dan delapan unit bus DPRD DKI. Seluruh kendaraan itu dilelang berdasarkan ajuan SKPD terkait dan perhitungan ekonomis karena kondisi kendaraan yang sudah tua.

"Yang bus itu sudah tua, kalau yang truk Dinas Kebersihan kita lelang dalam bentuk rongsokan," kata Endang di Balaikota Jakarta, Senin (1/4/2013).

Mengenai mekanisme lelangnya, BPKD DKI akan mengumumkannya melalui media massa dan pihak-pihak yang tertarik akan diundang untuk meninjau kendaraan yang bakal dilelang. Setelah itu, BPKD akan membebaskan para peserta lelang untuk memberikan harga penawaran, pemenang lelang ditentukan berdasarkan penawaran tertinggi. Dalam penentuan harga, BPKD juga akan melibatkan Dinas Perhubungan DKI.

Syarat-syarat untuk mengikutinya cukup mudah, yang penting memiliki badan hukum dan menunjukkan KTP. Setelah ada kesepakatan harga dan diselesaikan pembayarannya, pemenang tender akan diberikan surat perintah kerja (SPK) untuk mengambil barang yang dilelang.

"Terakhir, pada 2010, kita lelang 40 unit mobil ambulans. Kita ini eksekutor, kita lelang berdasarkan permintaan, usia kendaraan, faktor ekonomis," ujar Endang.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo melontarkan keinginannya untuk melelang kendaraan milik Pemprov DKI yang dinilai terbengkalai atau sudah tak dapat digunakan. Meski demikian, Jokowi belum memberikan keterangan detail mengenai rencana tersebut dan menyerahkan semuanya kepada BPKD DKI Jakarta.


Penulis: Indra Akuntono
Editor : Ana Shofiana Syatiri