Jumat, 25 April 2014

News / Megapolitan

Fadjar Umrah, Basuki Tunjuk Plh Sekda DKI

Selasa, 2 April 2013 | 13:26 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekretaris Daerah DKI Fadjar Panjaitan sedang melaksanakan ibadah umrah. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menunjuk Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup DKI Wiriyatmoko menjadi Pelaksana Harian (Plh) Sekda DKI.

Sebelumnya, memang sempat gencar kabar Wiriyatmoko, sebagai salah satu calon kuat Sekda DKI, menggantikan Fadjar saat pensiun pada Agustus mendatang. "Sudah dipilih kok dan dia juga sudah bekerja," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Selasa (2/4/2013).

Lebih lanjut, Basuki mengatakan, penunjukan Wiriyatmoko karena jabatan itu merangkap. Asisten Perekonomian DKI Hasan Basri, kata dia, juga fokus kepada permasalahan BUMD. Asisten Pemerintahan DKI Sylviana Murni merangkap sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Satpol PP.

Awalnya, Basuki enggan untuk memilih Wiriyatmoko karena ia juga merangkap sebagai Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI. "Minggu depan sudah dilantik Kepala Dinas Pertamanan DKI yang baru. Jadi, pilih dia (Wiriyatmoko) saja," kata Basuki.

Dengan dipilihnya Wiriyatmoko sebagai Plh Sekda DKI, tutur Basuki, belum tentu Wiriyatmoko yang akan menggantikan posisi Fadjar selanjutnya. Namun, ia memastikan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan dirinya tak akan mengambil orang dari luar Pemprov DKI untuk menjabat posisi sebagai Sekda DKI.

"Ya, Pak Gubernur cuma bilang, kita enggak mau ambil orang luar. Enggak pernah ada tradisi juga Plh dapat menjadi sekda," kata Basuki. 


Penulis: Kurnia Sari Aziza
Editor : Ana Shofiana Syatiri