Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Jakpus, Pendaftaran Abang None Sepi Peminat

Kompas.com - 03/04/2013, 21:03 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari mulai dibukanya pendaftaran peserta Abang dan None pada 1 Maret 2013 dan akan ditutup pada 25 April 2013, baru terdapat dua orang yang mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi Abang None di wilayah Jakarta Pusat. Jumlah ini menurun dibanding tahun lalu di mana jumlah peserta yang mendaftar mencapai 250 orang.

Jumlah yang menurun drastis pada pendaftaran Abang None Jakarta Pusat dikarenakan kurangnya sosialisasi dan juga makin kurangnya minat masyarakat dalam mengikuti kontes ini. "Mereka tidak minat biasanya karena tidak punya wawasan tentang kebudayaan," kata Kepala Bagian Tata Usaha Suku Dinas Pariwisata Jakarta Pusat Sri Budiarti di kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2013).

Calon peserta mendaftarkan dirinya untuk mengikuti seleksi Abang None Jakarta Pusat di kantor Suku Dinas Pariwisata di kantor Walikota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jakarta Pusat. Sri mengatakan, dua orang pendaftar di wilayahnya semuanya adalah wanita. "Yang satu mahasiswi Universitas Indonesia dan satu lagi mahasiswi Universitas Jenderal Soedirman. Bahkan, salah satu di antara mereka tak memenuhi kriteria tinggi badan," ujar Sri.

Selain dengan membuka pendaftaran di kantor wali kota, sosialisasi Abang None juga dilakukan melalui kunjungan ke kampus-kampus di Jakarta. Abang None pada masa sebelumnya akan membagikan langsung formulir pendaftaran tersebut. Dengan cara seperti itu, calon peserta dapat mendaftar tanpa perlu datang ke kantor wali kota terdekat.

Sri mengatakan, ada beberapa syarat untuk menjadi peserta Abang None ini, antara lain berusia 18-25 tahun dan belum menikah. Calon peserta juga harus memiliki tinggi badan 165 sentimeter untuk calon peserta wanita dan 170 sentimeter untuk pria. Selain itu, para peserta diwajibkan memiliki wawasan di bidang budaya dan pariwisata, khususnya budaya Betawi, serta mampu berbahasa Inggris dengan baik.

Pemilihan Abang None Jakarta Pusat akan diselenggarakan di Senayan City pada 24 Mei 2013. Para peserta akan mengikuti pelatihan pada 7-18 Mei 2013. Para pemenang Abang None di tingkat wilayah akan dipertandingkan dengan pemenang di wilayah lain di Jakarta untuk memperebutkan Abang None DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com